Teknik Pemeliharaan dan Budidaya Ayam Bangkok

1. Metode Pemeliharaan Anak Ayam Bangkok

Pada pase setelah menetas hingga umur ±4 bulan merupakan pase perkembangan fisik yang sangat penting dalam menujang kemampuan seekor ayam Bangkok untuk memiliki kemampuan maksimal pada saat turun ke gelanggang. Banyak ayam Bangkok yang merupakan keturunan unggul karena kesalahan perawatan pada pase ini maka ayam tersebut tidak bisa memaksimalkan kemampuannya saat turun ke gelanggang, hal terpenting yang harus di perhatikan pada pase ini adalah pemberiaan pakan yang dan gerak yang maksimal.

Berdasarkan sumber dari www.ayamlaga.com

“Anakan ayam sampai dengan umur 4 bulan harus menerima konsumsi pangan yang seimbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air. Dalam kebiasaan sehari-hari kami di dalam memelihara ayam bangkok, anakan umur 1-4 bulan akan diberikan pangan yang berupa pakan buatan pabrik yang dicampur dengan susu tepung untuk anak bayi. Komposisi campuran yang kami gunakan adalah 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan)”.

Pemberiaan susu tepung sama pentingnya dengan pemberian ASI pada seorang anak manusia, karena zat-zat penting untuk proses pertumbuhan terkandung di dalamnya. Selain kemampuan dalam bertarung, zat-zat tersebut penting dalam membentuk postur tubuh, tulangan, otot, bulu dan bagian tubuh lainnya.

Secara metode, pemelihaaran pasca menetas hingga ± 4 minggu tidak jauh berbeda dengan pemelihaaraan unggas (ayam) jenis lainnya, yaitu :

1. Pemeliharaan Bersama Induk Ayam

Pemeliharaan anak ayam pasca menetas bersama induk biasanya dilakukan untuk mengurangi penggunaan lahan, karena anak ayam disatukan dengan induk tanpa harus menggunakan kandang tambahan. Hal yang harus diperhatikan disini adalah bentuk kandang untuk anak ayam bersama induknya. Tidak seperti kandang untuk ayam dewasa, untuk alas kandang diusahakan lebih rapat dan tidak mendapat aliran udara langsung.

Anak ayam yang baru menetas masih dalam kondisi kritis hingga harus terlindungi dari temperature udara luar, cuaca yang tidak stabil dan penyakit, disinilah induk berperan secara naluri untuk melindungi dan menjaga anaknya dari cuaca dan udara yang tidak bersahabat. Anak ayam akan masuk kebagian sayap dan bagian tubuh lainya dari induk untuk menghangatkan diri.

Pada tahap awal ini biasanya ada yang menyatakan bahwa anak ayam usia 1-2 hari hanya membutuhkan air bersih tidak memerlukan makanan karena ada cadangan makanan (kuning telur) yang masih tersisa ditubuhnya akan tetapi kebutuhan makanan tersebut tidak mencukupi. Agar lebih baik makan dan minum disediakan, untuk memaksimalkan penggunaan pakan, pemberian pakan dilakukan sebanyak 5 kali dengan kuantitas tidak terlalu banyak.

2. Dengan Menggunakan Induk Buatan

Metode ini dilakukan untuk meningkatkan produktifitas, sehingga induk ayam dapat cepat bertelur kembali. Metode ini juga dilakukan untuk anak ayam yang menetas dengan menggunakan mesin tetas.  Secara simpel pada dasarnya induk buatan dibuat menyerupai fungsi seekor induk pasca menetas. Seperti yang telah dijelaskan seekor induk akan melindungi anak ayam yang baru menetas dari temperature udara luar, cuaca yang tidak stabil dan penyakit, untuk menggantikan peran induk maka kita harus membuat sebuah kandang yang terlindung dari serangan predator/hama, udara dan cuaca yang buruk.

About these ads

~ by piaraan on November 4, 2009.

16 Responses to “Teknik Pemeliharaan dan Budidaya Ayam Bangkok”

  1. Literatur yang cukup bagus, tpi ada ngga ya majalah yg b”urusan dg aym bangkok? Mohon infonya. Mksih

    • untuk majalah/buku yang menjelaskan pemeliharaan ayam bangkok, banyak terdapat ditoko buku dan masih bersifat umum, akan tetapi literatul tentang pemeliharan yang detil akan setiap permasalahan yang dimiliki oleh para peternak ayam bangkok dan pemecahannya untuk dapat menghasilkan kualitas ayam juara, belum aq temukan dari buku tapi dari para peternak dan bobotok yang berpengalaman bahkan bisa langsung ditunjukan prakteknya

  2. walking Blog

  3. makasih infonya…

  4. Salam kenal gan. BLog yang bagus terima kasih info ayam bangkoknya.

  5. tolong dishare jg, mengenai jumlah miligram dalam sekali pemberian pakan…

  6. iya pak, tolong dishare untuk jumlah miligram dalam sekali pemberian pakan…

  7. kalau ayam dikasih susu itu susu apa ya mas, apa susu untuk manusia atau ada susu khusus untuk ayam?? thx

  8. oke

  9. nyuwun sewu mas derek tanglet, ayam kulo niku batu rante lan jalune renteng!!!
    ngoten niku nopo pengaruh nggeh ten gaya tarunge lan pukule mas, matur nuwun, nyuwun petunjuk e mas…….
    assalamuallaikum

  10. ow iyo mas lek aku kate sharing masalah ayam bangkok ten situs nopo mas

  11. wah ini baru info….utk info burung labet knjungi blok saya

  12. Sy mau tanya.
    Di mana sy bisa mendapatkan anak ayam bangkok untuk di daerah bintaro jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: